tour ke bali
 

Online Support
Click here to send message!

PIN BB 28D3F0B0

 
 
Ragam Paket Tour
Wisata Ke Bali (home)
Program Tour ke Bali
Sewa Mobil & Charter di Bali
Paket Hemat Wisata di Bali
Paket Bulan Madu di Bali
Paket Liburan Group
Paket Group Meeting di Bali
Paket Kunjungan Kerja
Photo Adat Bali
 

 
  Paket Tour yang menarik
Paket Wisata 2malam 3hari
Paket Wisata 3malam 4hari
Paket Wisata 4malam 5hari
Paket Wisata 5malam 6hari
Paket Wisata 6malam 7hari
   
 
Obyek Menarik di Bali
Sejarah Pura Taman Ayun
Sejarah Pura Tanah Lot
Sejarah Alas Kedaton
Sawah Jatiluwih & Subak Bali
Kebun Raya Eka Karya Bedugul
Pura Ulun Danu Beratan
Danau Tamblingan & Buyan
Air Panas di Desa Banjar
Pantai Lovina Buleleng
Brahma Buda Wihara
Makam Jaya Prana Legenda Bali
Pura Pulaki di Buleleng
Pura Melanting di Buleleng
Pura Dalem Jagaraga
Pura Beji Sangsit
Gunung & Danau Batur di Kintamani
Kebun Kopi & Coklat arah ke Kintamani
Pura Tirta Empul
Tegallalang Sawah Terasering
Ubud Dan Pasar Seni
Pura Goa Gajah
Desa Seni Patung Mas
 


 
  Voucher Hotel
Kuta Beach Area
Kuta Center Area
Legian Area
Sanur Area
Nusa Dua Area
 

 
 
Bali Adventure
Rafting di Bali
Watersport
Odyssey Submarine Bali
Sea Walker
Spa & Massage
 
sewa mobil


 

SEJARAH ALAS KEDATON

Alas Kedaton berlokasi di Desa Kukuh Kecamatan Marga, kota Tabanan. Ada dua hal yang menarik di tempat ini, yaitu : Monyet-monyetnya, yang berjumlah sekitar 300-an yang terbagi dalam 3 kelompok. Di mana setiap kelompok dipimpin satu raja dengan postur tubuh yang berukuran cukup besar. Berbeda dengan monyet di Uluwatu yang agak sedikit sangar, monyet di sini cenderung jinak. Kedua adanya kalong (kelelawar) yang berterbangan di atas pohon besar belakang pura.Letak pura ini sendiri ada di dalam hutan Alas Kedaton. Memasuki areal pura, pengunjung akan diantar oleh perempuan-perempuan penjaja dagangan souvenir yang sekaligus sebagai guide-nya. Menarik, karena hanya di tempat ini para pedagang sangat tertib. Mereka memiliki nomor antri untuk bisa mengantar pengunjung berkeliling Alas Kedaton. Selesai berkeliling mereka akan mengajak tamunya mampir di toko mereka dan mencoba menawarkan dagangannya.

Pura Dalem Kahyangan Kedaton atau Pura Alas Kedaton adalah sebuah pura besar yang sangat unik karena memiliki 4 buah pintu masuk pada setiap sisi pura dan bentuk bangunannya terkesan kuno dengan arsitektur sederhana. Dan bagi yang ingin melakukan sembahyang / pemujaan di pura ini, tidak diperkenankan membawa dupa (api) karena menurut adat setempat, ketiadaan api ini berarti sifat amarah atau hawa nafsu yang telah padam. Pura ini menghadap ke arah barat dan memiliki struktur yang unik serta berbeda dengan struktur pura-pura lain yaitu pada bagian halaman dalam (utamaning mandala) yang merupakan halaman tersuci lebih rendah dari halaman tengah (madyaning mandala). Hari jadi atau piodalan pura ini diselenggarakan setiap 6 bulan sekali (210 hari), yaitu pada hari Selasa Kliwon Wuku Medangsia. Dalam penyelenggaraan upacaranya dilakukan pada tengah hari dan selesai sebelum matahari terbenam. Selain itu tidak boleh mempergunakan dupa (api), tidak memakai penjor, segehan, dan tabuh rah.

Menurut data arkeologis, pura Alas Kedaton ini dibangun oleh Mpu Kuturan atau Mpu Rajakretha semasa pemerintahan raja Sri Masuli, yang memerintah pada tahun 1100 Saka (tahun 1178). Pada saat itu beliau menjabat sebagai salah satu lembaga penasehat kerajaan. Peninggalan arkeologinya terdiri dari peninggalan zaman pra sejarah dan peninggalan setelah pengaruh Hindu. Peninggalan pra sejarah antara lain berupa menhir kecil, yaitu susunan batu kali dan arca primitif. Bukti peninggalan pengaruh Hindu adalah terdapatnya sebuah Lingga Semu dalam sebuah meru yang disebut Dalem Kahyangan, sebuah arca Durgha Mahisasuramardini dan sebuah arca Ganesha di dalam sebuah meru yang disebut Dalem Kedaton. Arca Ganesha yang duduk di atas bantalan yang terdiri dari 2 ekor kuda dan ditafsirkan sebagai sebuah Candra Sengkala yang berbunyi "Dwi Naga Gana Tunggal", yang berarti tahun 1582 Saka (tahun 1760).

Alas Kedaton merupakan obyek wisata alam berupa kawasan hutan lindung dengan luas sekitar 12 hektar dan di tengah hutannya terdapat Pura Dalem Kahyangan Kedaton. Kawasan hutan lindung ini juga dihuni oleh ratusan kera (macaca fascicularis) dan kalong (pteropus vampyrus) yang bergelayutan di dahan-dahan pohon. Alas Kedaton berada di desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, berjarak sekitar 35 km atau sekitar satu jam dari ibukota Denpasar. Alas Kedaton ditumbuhi sekitar 24 jenis tumbuh-tumbuhan yang diantaranya adalah pohon Dau, Mahoni, Kayu Adeng, Klampuak, dll. Pada sudut tenggara hutan ini terdapat sebidang tanah yang oleh masyarakat setempat dianggap sebagai tempat kuburan kera. (pernah diteliti oleh Tim Peneliti Arkeologi Universitas Udayana, hasilnya tidak ditemukan bukti adanya tulang-tulang kera). Untuk menuju kawasan ini sangat mudah, di ujung selatan desa Kukuh membelok ke arah timur dan jalan raya yang menghubungkan ke lokasi ini cukup baik.

Pada saat memasuki Alas Kedaton, setiap pengunjung akan disambut oleh ratusan kera, yang kadang kala mendekati atau menghampiri pengunjung. Hal ini menjadi suatu atraksi yang mengundang kelucuan karena tingkah laku kera-kera di Alas Kedaton, yang telah berteman dengan manusia sejak dahulu sehingga jinak terhadap setiap pengunjung. Hanya saja, jangan sampai mengganggu atau menyakiti kera-kera tersebut karena hutan dan populasi lainnya yang berada di kawasan hutan lindung Alas Kedaton oleh masyarakat setempat dikeramatkan dan dianggap milik dewa.


Contact Us
Tel : +62 361 850 3972
Cell : + 62 812 398 5746
Cell : + 62 878 6027 2089
PIN BB 28D3F0B0
Email : mrsuarta@yahoo.com
Head leader of group :
http://www.wisatatourkebali.com
Made Suarta/Mr Kontong

 

 
depan | kontak kami | odyssey submarine | paket bulan madu | paket group meeting | paket hemat wisata di bali | paket kunjungan kerja | paket liburan group | photo adat bali | program tour ke bali | rafting di bali | seawalker bali | sewa mobil charter | spa massage | voucher hotel kuta beach | voucher hotel kuta center | voucher hotel legian | voucher hotel nusa dua | voucher hotel sanur |
Hak Cipta @ 2011. Website ini dikelola oleh WisataTourKeBali.com
Wisata ke Bali dengan Keceriaan